Tangkar Uli Sumatera

Burung tangkar uli sumatera atau Treepie sumatera  (Dendrocitta occipitalis) adalah spesies burung dalam keluarga Corvidae atau gagak-gagakan. Burung ini termasuk jenis burung endemik yang hanya dapat dijumpai di pulau Sumatra Indonesia. Habitat alaminya adalah hutan dataran rendah lembab subtropis atau tropis dan hutan pegunungan lembab subtropis atau tropis.
tangkar uli sumatra

Ada juga burung Tangkar uli yang berasal dari Kalimantan,yaitu Tangkar Uli Kalimantan atau Bornean Treepie yang terkadang dianggap sebagai subspesies dari burung ini.Berukuran besar (41 cm), berwarna kecoklatan dengan tengkuk putih dan ekor bertingkat yang sangat panjang. Tubuh bagian bawahdan punggung coklat muda; ekor abu-abu dengan ujung kehitaman; tungging dan punggung bawah abu-abu coklat, dan sayap hitam dengan bercak putih di pangkal bulu primer. Iris merah, paruh hitam dengan pangkal abu-abu, kaki abu-abu gelap.

Termasuk jenis burung yang pemalu tetapi ribut, duduk pada cabang yang rendah, menunggu mangsa yang ditangkap di dedaunan atau di tanah atau menjelajahi tajuk pohon tingkat tengah ke atas dengan seksama, dan canggung seperti burung Kedalan. Kadang-kadang terbang dalam kelompok yang ribut. Terdapat di hutan –hutan primer, dan sekunder, di gunung, dan bukit, perkebunan, hutan pinus, dan bambu.
0 Komentar untuk "Tangkar Uli Sumatera"

Terima kasih sudah bergabung di situs timkicau ini,semoga bermanfaat dan salam kicau mania

Back To Top